Daftar Blog Saya

Senin, 12 Desember 2011

Pengobatan hipertensi ,,..


   Pengobatan hipertensi bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi organ penting, seperti jantung, otak, dan ginjal dari kerusakan. Perkembangan pengobatan darah tinggi kini telah dikaitkan dengan penurunan stroke (berkurang rata-rata 35% -40%), serangan jantung (20% -25%), dan gagal jantung (lebih dari 50%) menurut penelitian. Hipertensi berbahaya karena dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, gagal jantung, atau penyakit ginjal.
Tekanan darah tinggi diklasifikasikan sebagai:
<p>Your browser does not support iframes.</p>
  • Normal tekanan darah: kurang dari 120/80 mmHg
  • Prehipertensi: 120-139/80-89 mmHg
  • Hipertensi: lebih besar dari 140/90 mmHg
  • Tahap 1 Hipertensi :140-159 / 90-99 mmHg
  • Tahap 2 Hipertensi: 160 atau lebih / 100 atau lebih mmHg
Pengobatan Hipertensi berarti perbaikan gaya hidup
   Semua pasien dengan pembacaan tekanan darah lebih besar dari 120/80 harus didorong untuk membuat modifikasi gaya hidup, seperti makan diet sehat, berhenti merokok, dan berolahraga lebih banyak. Pengobatan dengan obat dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah kurang dari 140/90 mmHg. Untuk pasien yang menderita diabetes atau penyakit ginjal kronis tekanan darah yang dianjurkan adalah kurang dari 130/80 mmHg.
   Cara mengobati tekanan darah tinggi melibatkan perubahan gaya hidup dan mungkin terapi obat. Sebuah langkah penting dalam mencegah dan pengobatan hipertensi adalah gaya hidup sehat. Kita dapat menurunkan tekanan darah dengan perubahan gaya hidup berikut ini:
  1. Menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan atau obesitas.
  2. Berhenti merokok.
  3. Makan makanan yang sehat, termasuk diet DASH (makan lebih banyak buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak, kurang jenuh dan lemak total).
  4. Mengurangi jumlah natrium dalam diet kurang dari 1.500 miligram per hari.
  5. Olahraga yang teratur (seperti jalan cepat paling tidak 30 menit sehari, beberapa hari seminggu).
  6. Berhenti atau meminimalkan konsumsi alkohol
Cara mengobati tekanan darah tinggi juga dapat dilakukan dengan pengobatan hipertensi/ darah tinggi. Ada beberapa jenis obat yang dipakai untuk mengobati tekanan darah tinggi, seperti Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, Angiotensin- reseptor blocker (ARB), Diuretik, Beta-blocker, Kalsium channel bloker, Alpha-blocker, Alpha-agonis, Renin Inhibitor, dll. Diuretik sering direkomendasikan sebagai baris pertama dari pengobatan hipertensi bagi kebanyakan orang yang menderita tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar